Pages

Selasa, 05 Oktober 2010

PERALATAN LISTRIK


Stop Kontak dinegara Arab Saudi standar yang digunakan berbeda dengan yang ada di negara kita. Di negara kita biasanya lubang stop kontak cuma dua sedangkan di Arab Saudi tiga lubang dimana lubang ketiga sebagai Ground, disamping itu stop kontak disana dilengkapi dengan pengaman sehingga hanya bisa dimasukkan dengan tusuk kontak / stecker dengan kepala tiga.

Hal ini akan merepotkan kita, karena rata-rata peralatan yang kita bawa umum
nya hanya mempunyai cabang dua. Solusinya tentunya Anda harus memiliki converter, agar peralatan listrik yang Anda bawa dapat digunakan. Kemudian stop kontak juga terbatas dan penempatannya terkadang tidak sesuai dengan kondisi yang ada. Untuk itulah Anda harus menyiapkan perlengkapan Anda dari tanah air. Aku membuat stop kontak tambahan dengan panjang kabel kurang lebih 2 meter dan sebaiknya yang mempunyai saklar ON dan OFF agar mudah dimatikan dan dihidupkan sesuai dengan penggunaannya, tujuannya disamping sebagai converter juga untuk membagi stop kontak kepada jamaah lain ketika stop kontak utama kita pergunakan (mungkin ada yang mau mencharger HP). Stop kontak tambahan ini juga nanti berfungsi ketika Anda berada di tenda di Mina, karena posisi stop kontak di tenda adanya di atas sehingga jika kita akan menggunakan untuk mencharger HP tidak sampai ke bawah, kalau mau masak air juga susah, dengan alat bantu ini Anda bisa menggunakan fasilitas listrik dengan nyaman dan mungkin bisa menjadi sedekah amal jika di share penggunaannya dengan jamaah lain (pengalamanku, banyak jamaah dari tenda lain yang mapir ke tendaku untuk memanfaatkan fasilitas ini).
Pisau lipat serbaguna, merk victorinox

Untuk dapat memasukkan stop kontak dengan stecker berkepala dua, maka Anda harus menekan kait yang berfungsi sebagai ground di stop kontak, dengan tuas/batang kecil seperti ujung sendok, atau jika Anda membawa alat yang biasa dipakai McGyver (pisau lipat serbaguna victorinox), maka bisa memanfaatkan salah satu alat pada kumpulan alat di pisau tersebut.
Jika Anda membawa HP sebaiknya yang bermerk umum digunakan sehingga kita bisa memanfaatkan charger orang lain jika kebetulan charger kita tertinggal.
http://abusyafwan.blogspot.com


0 komentar:

Posting Komentar