Pages

Sabtu, 14 Agustus 2010

MENJEMUR PAKAIAN DI TANAH SUCI


Kegiatan cuci mencuci akan menjadi bagian dari keseharian jamaah haji selama berada di tanah suci. Biasanya ditempat penginapan sudah disediakan tempat menjemur pakaian yang dipakai secara bersama di lantai gedung paling atas. Namun dipemondokan di Madinah jarang yang menyediakan fasilitas menjemur dikarenakan bangunan di Madinah merupakan Hotel.


Kegiatan cuci mencuci akan menjadi bagian dari keseharian jamaah haji selama berada di tanah suci. Biasanya ditempat penginapan sudah disediakan tempat menjemur pakaian yang dipakai secara bersama di lantai gedung paling atas. Namun dipemondokan di Madinah jarang yang menyediakan fasilitas menjemur dikarenakan bangunan di Madinah merupakan Hotel. Satu-satunya jalan adalah menjemur pakaian dibagian-bagian kosong antara kamar (jangan dijalan umum/koridor hotel). Yang jadi kendala adalah bagaimana anda memasang tali jemuran sementara pihak hotel tidak membolehkan kita memasang paku (tahu sendiri, kalau kamar hotel dipenuhi paku jadi merusak dinding). Anda bisa memanfaatkan kaitan engsel pintu untuk menambatkan tali jemuran sehingga anda terhindar dari merusak dinding hotel. Untuk itu saya menyiapkan tali plastik yang tidak terlalu besar diameternya, biasanya dijual sudah jadi per 10 atau 15 meter, haraganya waktu itu aku beli sekitar 2500 atrau 3000 rupiah.

Perlengkapan lain adalah Hanger atau gantungan baju. Sebaiknya pilih hanger yang ringan dan tidak memakan tempat. Saya sengaja pilih yang dari bahan kawat/besi, karena lebih ringan dan tidak makan tempat di koper. Pilihlah hanger dengan kawat yang diameter agak besar dan kuat agar tidak mudah bengkok ketika dibebani pakaian yang basah. Hanger berfungsi untuk menggantungkan pakaian yang dujemur sehingga dapat menghemat tempat jemuran. Namun jika anda mau sedikit capek, maka anda dapat menjemur pakaian di lantai paling atas gedung. Ya sedikit ekstra mengantar dan menjemput pakaian, apalagi jika kamar anda berada dilantai 2 atau 1, sementara lantai paling atas ada di tingkat 10 sampai 13, belum lagi kalau lift lagi padat atau bahkan macet. Menjemur dikamar juga cepat kering, biasanya kalau kita menjemur pagi hari maka sehabis maghrib biasanya sudah kering, karena udara disana kekeringannya sangat tinggi. Makanya kalau anda membawa pakaian terlalu banyak maka akan mubazir karena tidak terpakai.


Yang perlu diperhatikan ketika menjemur secara bersama adalah :

1. Pakaian Anda perlu diberi tanda pengenal ( nama, kloter, dsb) agar tidak tertukar
2. Siapkan peniti atau jepitan buku/kertas, agar jemuran tidak berterbangan bahkan bisa kabr sampai lantai 1
3. Sebaiknya tidak menggunakan fasilitas tali jemuran orang lain, kecuali tali masih kosong dari jemuran

Jemur pakaian di Mina

Di Mina biasanya tidak ada acara cuci-mencuci, karena tempat mencuci dan tempat menjemur tidak memungkinkan. Tetapi tetap aja pemandangan cuci mencuci ini terlihat, dan tempat menjemurnya memanfaatkan pagar tenda ataupun sisi tenda itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar