Pages

Senin, 27 September 2010

TUGAS KETUA REGU

PEDOMAN TUGAS Ketua Regu JAMA’AH HAJI
OLEH : Drs. H. ROKHIDIN, M.Ag
KEPALA SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH
KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN CIREBON
TUGAS POKOK, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS KETUA REGU
A. Tugas Pokok Ketua Regu
Membantu pelaksanaan tugas Ketua Rombongan sebagai pembantu Petugas yang menyertai jema’ah (Petugas Kloter) di bidang pelayanan umum, ibadah dan kesehatan.
B. Fungsi Ketua Regu
Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut
maka ketua regu mempunyai fungsi
sebagai berikut :
1. Meneruskan informasi/pengumuman atau petunjuk-petunjuk dari Ketua Rombongan dan Ketua Kloter TPHI;
2. Mengatur, membantu dan menjaga anggota Regunya agar tetap utuh, aman, tertib serta lancar selama dalam perjalanan dan melaksanakan ibadah haji.
3. Menyelesaikan atau melaporkan permasalahan pada Ketua Rombongan

PEDOMAN TUGAS KARU DAN KAROM JAMA’AH HAJI


C. Uraian Tugas Ketua Regu.
1. Di Asrama Haji Embarkasi;
2. di dalam Pesawat Terbang;
3. di Bandara King Abdul Aziz Jedah;
4. di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah;
5. di Madinah;
6. di Makah;
7. di Arafah;
8. di Muzdalifah;
9. di Mina;
10. Tiba kembali di Makah;
11. di Madinatul Hujaj (Gelombang I);
12. di Bandara KAA, dan di dalam Pesawat waktu pulang.
DI EMBARKASI :
1. Mencatat nana-nama anggota regunya.
2. Meneruskan informasi/pengumuman pada anggota regunya baik mengenai tata tertib selama di Asrama haji Embarkasi, waktu pemberangkatan dan hal-hal lain yeng perlu diketahui anggota regunya.
3. Menganjurkan kepada anggota regunya untuk beristirahat selama di Asrama Haji agar pada waktu berangkat dalam kondisi fisik dan mental sehat walafiat.
4. Menganjurkan kepada anggota regunya untuk mengikuti bimbingan haji yang telah dijadwalkan PPIH Embarkasi.
5. Membantu dan mengatur anggota regu yang akan berkonsultasi ttg manasik haji atau kesehatan.
6. Membantu anggota regunya dalam pelayanan akomodasi, konsumsi, pembagian gelang identitas, uang living cost, Paspor dan lain-lain.
7. Meneliti paspor anggotanya terutama pencocokan nama dan fotonya.
8. Mengatur anggota regunya pada saat pemberangkatan ke Bandara.
9. Mengikuti pemantapan Ketua Regu dan Ketua Rombongan yang telah dijadwalkan oleh PPIH Embarkasi.
DI PESAWAT
1. Menertibkan anggota regunya pada saat naik pesawat dan membantu mencari nomor tempat duduk anggota regunya di pesawat.
2. Mengatur kepada anggota regunya agar beristirahat penuh selama di pesawat terbang karena setelah mendarat akan menghadapi tugas berat di lapangan terbang King Abdul Aziz Jeddah dan perjalanan menuju ke Madinah atau Mekkah.
3. Membantu menyobek lembar DAPIH halaman “D” yanag akan diserahkan oleh Ketua Kloter pada Teknis Urusan Haji KJRI di Jeddah.
4. Melaporkan anggota regu yang sakit atau uzur kepada Ketua Rombongan/TKHI.
5. Menyelesaikan atau melaporkan permasalahan kepada Ketua Rombongan.
DIBANDARA SAUDI ARABIA
KEDATANGAN
1. Memberitahukan kepada anggota regunya untuk meneliti/mengecek barang bawaannya agar tidak ada yang tertinggal.
2. Mengatur anggota regunya agar tetap utuh dan tertib pada saat turun di pesawat.
3. Memberi petunjuk kepada anggota regunya agar menyiapkan paspor dan supaya dipegang oleh masing-masing pemiliknya untuk pemeriksaan Imigrasi.
4. Memberitahukan kepada anggota regunya tentang pemeriksaan paspor, sertifikat miningitis, badan, uang dan barang.
5. Menjelaskan kepada anggota regunya tentang ke mana barang-barang di angkut, dimana tempat istirahat, tempat berobat bila sakit, menukar uang real dan lain-lain yang perlu diketahui oleh jamaah.
6. Membantu kelancaran pembagian makanan saat berada di tempat istirahat.
7. Mengumpulkan paspor anggota regunya untuk diserahkan kepada Ketua Rombongan.
8. Mengatur anggota regunya menuju bus yang telah ditentukan sesuai dengan rombongan yang telah ditentukan untuk berangkat ke Madinah bagi Gelombang I dan ke Mekkah bagi Gelombang II.
9. Membantu memberi pengertian kepada anggota regunya yang terpaksa harus berpisah untuk sementara, jika bus yang disediakan kapasitas tempat duduknya kurang dari jumlah anggota rombongannya.
10. Membantu kelancaran pembagian makan dan kemas haji dalam bus. Bagi jamaah haji Gelombang II membantu memberi bimbingan persiapan pelaksanaan ibadah Umrah (Ihram Umrah).
11. Menyelesaikan atau melaporkan permasalahan kepada Ketua Rombongan.
DI MADINAH
1. Membantu penempatan anggota regunya dipemondokan.
2. Membantu anggota regunya dalam pelaksanaan ibadah dan ziarah.
3. Membantu pengurusan anggota regunya yang sakit, sesat, naza’ dan melaporkan kepada Ketua Rombongan.
4. Menyampaikan pengumuman- pengumuman penting untuk anggota regunya.
5. Mencatat dan melaporkan anggota regunya yang meninggal kepada Ketua Rombongan, mengurus tirkahnya (harta peninggalannya).
6. Melaporkan anggota regunya yang kehilangan uang, barang kepada Ketua Rombongan/TPHI.
7. Membantu pengurusan dana bantuan bagi anggota regunya yang kehilangan uang ke Kantor Daker.
8. Membantu pengurusan barang anggota regunya yang hilang/tercecer.
9. Memberitahu anggota regunya agar tidak sering keluar kecuali ke Masjid dan jika keluar dianjurkan membawa payung, semprotan dan air minum untuk mencegah sengatan matahari. Bila udara dingin agar memakai jaket dan cream untuk menjaga kulit agar tidak pecah-pecah.
DI MAKKAH
1. Membantu penempatan anggota regunya di pemondokan dan pembagian katering dari Maktab pada hari kedatangan.
2. Melaporkan permasalahan yang dihadapi kepada Ketua Rombongan dan membantu pengurusan anggota regunya yang sesat, zakit, naza’, wafat dan hilang (ghaib).
3. Membantu anggota regunya melaksanakan ibadah umrah dan memimpin mereka pada waktu ke Masjid, tawaf dan sa’i.
4. Membantu pelaksanaan ziarah.
5. Membantu pelaksanaan pembayaran Dam.
6. Membantu kelancaran pelaksanaan pembagian uang living cost.
7. Meneruskan Informasi atau pengumuman yang perlu diketahui oleh anggota regunya.
8. Mengatur anggota regunya naik bus menuju Arafah. Dianjurkan agar tidak duduk di atas atap bus.
9. Mengurus atau melaporkan anggota regunya yang sakit bersama Ketua Rombongan.
10. Memberi penjelasan kepada anggota regunya agar jangan banyak keluar rumah dan dianjurkan membawa payung dan membawa semprotan bila cuaca panas ana apabila dingin dianjurkan memakai jaket dan cream untuk melindungi kulitnya agar tidak pecah-pecah.
11. Mengingatkan anggota regunya untuk berhati-hati dalam membawa dan menyimpan uang agar terhindar dari kehilangan dan kecurian.
12. Menyelesaikan atau melaporkan permasalahn kepada Ketua Rombongan.
DI ARAFAH
1. Membantu penempatan anggota regunya di kemah-kemah dan pelaksanaan ibadah di kemah Maktab.
2. Melaporkan permasalahan yang dihadapi kepada Ketua Rombongan/Ketua Kloter/ Dokter Kloter/Petugas Maktab dan membantu mengurus anggota regunya yang sesat, sakit, naza’, wafat atau hilang (ghaib).
3. Membantu mengatur pembagian makan/hidangan dari Maktab.
4. Mengatur anggota regunya secara bergiliran menyemprot dengan semprotan besar bila cuaca panas.
5. Menganjurkan anggota regunya agar sering minum dan juga menyemprot diri masing-masing dengan semprotan kecil bila udara/ cuaca panas.
6. Apabila udara dingin agar menganjurkan anggota regunya memakai cream untuk melindungi kulit dari udara dingin dan kering, supaya tidak pecah-pecah.
7. Menganjurkan anggota regunya agar mengikuti acara wukuf bersama-sama anggota rombongannya.
8. Membantu anggota regunya naik bus menuju Muzdalifah dan Mina. Dianjurkan tidak duduk di atas atap bus.
9. Menyelesaikan atau melaporkan permasalahan kepada Ketua Rombongan.
DI MUZDALIFAH
1. Mengajurkan anggota regunya agar banyak membaca dzikir dan do’a.
2. Memberi petunjuk untuk memungut batu kerikil apabila memungkinkan.
3. Menjaga anggota regunya pada waktu mabit dan mencari batu kerikil agar jangan tertinggal bus.
4. Mengatur anggota regunya naik bus menuju ke Mina.
5. Menyelesaikan atau melaporkan permasalahan kepada Ketua Rombongan.
DI MINA
1. Membantu penempatan anggota regunya di kemah Maktab.
2. Mengatur pelaksanaan melontar jumrah secara beregu, memimpin anggota regunya melempar jumrah agar dapat kembali dengan utuh, lancar dan selamat.
3. Melaporkan permasalahan yang dihadapi kepada Ketua Rombongan/Ketua Kloter/Dokter Kloter/Petugas Maktab dan membantu mengurus anggota regunya yang sesat, sakit, naza’, wafat atau hilang (ghaib).
4. Mewakili atau mengatur melontar jumroh bagi anggota regunya yang sakit/uzur.
5. Mengadakan atau mengatur makan/hidangan dari Maktab.
6. Meneruskan informasi/ pengumuman yang perlu diketahui anggota regunya.
7. Mengatur anggota regunya naik bus menuju Maktab.
8. Menyelesaikan atau melaporkan permasalahan kepada Ketua Rombongan.
DI MAKKAH SESUDAH WUKUF
1. Membantu memberikan petunjuk dan memimpin anggota regunya dalam melaksanakan tawaf Ifadah, sa’I dan tawaf wada’.
2. Meneruskan informasi/ pengumuman yang perlu diketahui oleh anggota regunya, terutama waktu akan menuju ke Jeddah bagi gelombang I dan ke Madinah bagi gelombang II.
3. Mencatat dan melaporkan kepada Ketua Rombongan Kloter/Dokter Kloter/Maktab jika ada jamaah yang tidak bisa ke Jeddah bagi gelombang I atau Madinah bagi gelombang II, karena sakit dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) atau
Hilang (ghaib).
4. Mengatur anggota regunya naik bus menuju Jeddah bagi gelombang I dan menuju Madinah bagi gelombang II.
5. Membantu anggota regunya yang karena sesuatu hal bermaksud pindah kloter dan untuk mengurus kepindahan ini tidak dikarenakan biaya.
6. Menyelesaikan atau melaporkan permasalahan kepada Ketua Rombongan.
DI MADINATUL HUJJAJ/HOTEL TRANSITO
1. Membantu penempatan anggota regunya di kamar-kamar dan membantu katering.
2. Menganjurkan anggota regunya agar selalu mengikuti shalat berjamaah di Masjid.
3. Membantu pelaksanaan anggota regunya yang akan berziarah dan berkeliling kota Jeddah.
4. Melaporkan anggota regunya yang sakit kepada Ketua Rombongan/ TPHI/TKHI.
5. Membantu mengurus/menyelesaikan kesulitan anggota regunya.
6. Menyusun paspor dan tiket anggota regunya.
7. Melaporkan kepada Ketua Rombongan/Ketua Kloter/Dokter bila ada anggota regunya yang belum bisa pulang karena masih di Rumah Sakit Arab Saudi, atau hilang (ghaib).
8. Mengurus harta/barang bawaan jamaah yang meninggal untuk selanjutnya diserahkan kepada ahli warisnya.
9. Mengatur anggota regunya naik bus menuju Bandar Udara King Abdul Aziz.
10. Menyelesaikan atau melaporkan permasalahan Ketua Rombongan.
DI BANDARA SAUDI ARABIA (KEPULANGAN) DI DALAM PESAWAT.
1. Membantu kelancaran pemeriksaan barang serta paspor bagi anggota regunya.
2. Membantu pelaksanaan pembagian katering.
3. Membantu kelancaran dan ketertiban masuk ke dalam pesawat dan mencarikan tempat duduk sesuai nomornya.
4. Membantu menyobek lembaran Debarkasi halaman “K” saat di peswat untuk diserahkan kepada Ketua Kloter dan diteruskan kepada PPIH Embarkasi setempat
TUGAS POKOK, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS KETUA ROMBONGAN
A. Tugas Pokok Ketua Rombongan :
Membantu pelaksanaan tugas Ketua Kloter/TPHI yang menyertai jema’ah haji dibidang pelayanan umum dan ibadah;
B. Fungsi Ketu Rombongan :
1. Meneruskan informasi/pengumuman atau petunjuk-petunjuk dari Petugas Kloter (TPHI dan TKHI);
2. Mengatur, membantu dan menjaga anggota Rombongannya agar tetap utuh, aman, tertib serta dapat mencapai kemabruran dalam melaksanakan ibadah haji;
3. Menyelesaikan dan melaporkan permasalahan-permasalahan kepada Ketua Kloter;
Uraian Tugas Ketua Rombongan.
1. Di Asrama Haji Embarkasi;
2. di dalam Pesawat Terbang;
3. di Bandara King Abdul Aziz Jedah;
4. di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah;
5. di Madinah;
6. di Makah;
7. di Arafah;
8. di Muzdalifah;
9. di Mina;
10. Tiba kembali di Makah;
11. di Madinatul Hujaj (Gelombang I);
12. di Bandara KAA, dan di dalam Pesawat waktu pulang.
TERIMA KASIH
SEMOGA MENJADI
HAJI MABRUR



0 komentar:

Posting Komentar